Apa Itu Asymmetrical Multiplayer Video Games? Apa Saja Contohnya?

Asymmetrical Multiplayer Video Games
Watch Dogs 2 (publisher: Ubisoft)

Kalau sampai ada yang bertanya, “Eh mainin karakter itu enak nggak sih?” Yap! mungkin kamu lagi memainkan Asymmetrical Multiplayer Video Games yang termasuk salah satu istilah kategori permainan elektronik.

Penjelasan singkatnya, Asymmetrical Multiplayer Video Games adalah mode multiplayer, dimana setiap pemain memiliki kemampuan, peran dan pengalaman main yang berbeda dengan pemain lainnya. Selain hadir untuk perangkat konsol maupun komputer, kategori ini juga udah masuk ke mobile games, seperti misalnya Identity V, game yang lagi naik daun pada pertengahan 2018.

Sebenarnya konsep permainan ini sudah lama hadir, tapi belum banyak yang menyadarinya, karena gamers kebanyakan dijejali dengan permainan multiplayer pada umumnya, dimana semua pemain bisa melakukan hal yang sama dan cara bermain yang sama.

Asymmetrical Multiplayer Video Games termasuk permainan yang cukup langka, karena pembuatannya cukup sulit dan mengingat perlunya konsep matang untuk menghasilan pengalaman bermain yang seimbang. Bagaimana tidak? Bayangkan pemain Anti-Tank di Battlefield 4 bisa melakukan tugas Commander yang bisa ngasih supply senjata, radar bahkan nuklir? Tentu nggak seimbang.

Tampilan Commander Battle Field 4
Tampilan Commander Battlefield 4 via: Battlefield 4

Pada awalnya, Nindento Wii U yang mempopulerkan istilah ini sebagai bentuk promosi kontroler GamePad milik mereka. Alasan Nintendo sangat simpel, untuk menggambarkan bagaimana pemain bisa mendapatkan pengalaman main yang berbeda menggunakan GamePad, sementara pemain lain sedang bermain di layar monitor/tv. Misalnya game New Super Mario Bros U, pemain GamePad bisa menambahkan blok atau mengotak atik musuh untuk mempengaruhi pemain di monitor/tv.

WATCH DOGS – CTOS MOBILE APP
Watch Dogs – ctOS, via: Ubisoft

Contoh permainan lainnya adalah Watch Dogs besutan Ubisoft yang memperkenalan aplikasi smartphone/tablet bernama ctOS. Pada mode multiplayernya, pemain dengan kontoler tradisional bisa melakukan aktivitas balapan seperti biasa, sementara yang bermain dengan ctOS bisa menjegal si pemain kontroler dengan mengarahkan helikoper untuk mendapatkan perhatian polisi, atau melakukan hacking pada lampu lalu lintas.

Berikut beberapa contoh lain dari Asymmetrical Multiplayer Video Games:

    • Rayman Legends (Publisher: Ubisoft)
    • Left 4 Dead Series (Publisher: Valve Corporation)
    • Batman: Arkham Origins (Publisher: Warner Bros. Interactive Entertainment)
    • Dead by Daylight (Publisher: Starbreeze Studios)
    • Assassin’s Creed: Brotherhood (Publisher: Ubisoft)
    • Tom Clancy’s Splinter Cell: Chaos Theory (Publisher: Ubisoft)

Punya referensi Asymmetrical Multiplayer Video Games lainnya? Yuk share bareng KLIKSM.com.

Punya komentar/saran?

Please enter your comment!
Please enter your name here