Captain Tsubasa: Dream Team – Guide Awal

Mobile games besutan dari KLab ini bakal ngebawa kamu kembali bernostalgia dengan kisah perjalanan Tsubasa Oozora, mulai dari awal karir di klub Nankatsu, Jepang sampai kisahnya diranah tim internasional.

Kontrol

Strategi Captain Tsubasa Dream Team
Drag untuk menggerakkan pemain

Para gamer yang belum sempat mencicipi permainan Captain Tsubasa dibeberapa versi sebelumnya, mungkin akan terasa asing dengan gameplay dari Captain Tsubasa: Dream Team, karena memang untuk menjalankan karakter dipermainan ini cukup berbeda dari permainan sepak bola pada umumnya.

Untuk menggiring bola, kita perlu menggeser wajah karakter di layar ke arah yang kita inginkan, karena gerakan visual dari tiap karakter yang dikendalikan sama sekali nggak bisa dilihat. Mengoper bola pun sangat mudah, cukup tekan wajah karakter yang akan kita oper bolanya. Kita nggak melulu harus mengoper langsung ke pemain teman, tapi bisa mengoper ke ruang terbuka dengan mengarahkan ke tanah untuk melakukan umpan terobosan misalnya.

Komando

Komando Captain Tsubasa Dream Team
Pilihan komando

Saat mengontrol bola dan berpapasan dengan lawan, kita akan disuguhkan scene animasi dengan lima komando yang bisa dipilih. Pilihan komando saat mengontrol bola: Shot untuk menendang bola langsung ke gawang, Pass untuk mengoper bola ke teman atau melakukan umpan terobosan, One-Two dengan syarat harus ada pemain teman disekitar kita, Dribble untuk menggocek lawan dan Special Skills untuk menggunakan jurus spesial dari karakter kita, misalnya untuk melakukan tendangan elang milik Tsubasa Oozora. Untuk pilihan komando saat bertahan dari serangan lawan: Tackle, Intercept dan Block.

Setiap pemain punya efektivitas status yang berbeda untuk setiap komando yang mau kita lakukan. Untuk mengetahui efektivitas status ini akan ada angka diatas setiap pilihan komando, dan semakin besar angkanya, maka akan semakin besar tingkat keberhasilan komando yang kita pilih. Setiap komando yang kita lakukan akan menggunakan stamina dan jumlah stamina ini bisa kita lihat dibawah pilihan komando. Kalau kehabisan stamina nggak akan bisa melakukan Spesial Skills, tapi masih bisa melakukan komando yang lainnya, hanya saja tingkat keberhasilannya akan berkurang. Biar tau jumlah stamina dari pemain yang sedang kita mainkan, kamu bisa melihatnya dikiri atas, tepat dibawah wajah karakter.

Kalau kita mau mengoper atau menendang bola langsung ke gawang, tapi ada pemain lawan yang sejajar dengan arah bola, maka secara otomatis mereka akan berusaha melakukan Intercept atau Block.

Selain komando diatas, ada juga pilihan untuk mengaktifkan Full Power Football dibagian kiribawah. Saat diaktifkan, efektivitas status akan bertambah dan mengurangi jumlah stamina selama duel dalam scene animasi. Untuk menggunakan mode Full Power Football  ini, bar harus penuh. Bar ini akan terisi ketika mencetak gol atau ketika komando yang kamu lakukan sukses atau kalah.

Kelemahan dan Kekuatan

Kekuatan dan Kelemahan Captain Tsubasa Dream Team
Tipe pemain dengan kekuatan serta kelemahannya

Di Captain Tsubasa: Dream Team setiap komando kita memiliki tingkat kekuatan dan kelemahan yang berbeda dari komando yang dilakukan lawan. Misalnya Dribble akan mudah dilawan dengan Tackle, Pass akan mudah dilawan dengan Intercept dan Shot akan mudah dilawan dengan Block. Misalnya, kamu melakukan Dribble dan musuh melakukan Tackle, maka tingkat efektivitas status dari Dribble-mu akan berkurang, tapi kalau musuh melakukan  Block, makan tingkat efektivitas status nggak akan berkurang.

Ada tiga tipe pemain di Captain Tsubasa: Dream Team, yaitu T, S dan A. Setiap tipe ini punya kekuatan dan kelemahan terhadap tipe lainnya. Misalnya, T>S>A>T, kelemahannya cukup dibalik saja.

Strategi Sepanjang Pertandingan

Sangat penting untuk mengatur strategi sepanjang pertandingan berlangsung. Ada tiga  strategi yang bisa dipilih: Defense untuk menarik mundur semua tim ke baris pertahanan, Balance dan Offense untuk memaksa tim maju melakukan serangan.

Saat pertandingan berlangsung juga ada tiga pilihan mode kontrol. Mode Manual untuk mengontrol sendiri semua komando pergerakan tim. Mode Semi-Auto kalau kamu cuma mau melakukan komando saat scene animasi dan Auto untuk melakukan semuanya secara otomatis. Kalau memilih mode Semi-Auto dan Auto, kamu bisa memperlambat atau mempercepat waktu pertandingan.

Punya komentar/saran?

Please enter your comment!
Please enter your name here