Identity V Review: Mobile Games Yang Bikin Khilaf?

Identity V Mobile Game Cover

Bahkan bukan pecinta genre horror pun wajib banget untuk mencoba Identity V, karena game horror yang massive akhirnya masuk dalam mobile games. Identity V sendiri diusung oleh developer NetEast yang juga mengembangkan Rules of Survival, Survivor Royale, Crusaders of Light dan beberapa mobile games lainnya.

Sejujurnya untuk kamu yang sering memainkan game horror, gameplay permainan ini mirip sekali dengan Dead by Daylight yang saja dikemas dalam mobile games. Sejak rilis versi global (bahasa inggris) untuk platform Android dan Ios tanggal 3 Juli 2018, game ini sudah diunduh lebih dari satu juta pengguna (belum termasuk versi bahasa Mandarin di Tiongkok, sekitar lima puluh juta pengguna).

Latar Belakang – Kirain Karakter Utama, Ternyata Masih Tutorial

Identity V Detective Orpheus
Identity V. Developer: NetEase.

Pada awal permainan kamu akan berperan sebagai Detective Orpheus yang menerima surat misterius untuk menyelidiki sebuah tanah milik bangsawan dan mencari seorang gadis yang hilang. Semakin banyak kamu menemukan petunjuk, kamu mulai menyadari ada hal mengerikan yang terjadi. Pada titik ini, kamu (Detective Orpheus) melihat serangkaian permainan pembunuhan antara seorang “Hunter” dengan empat “Survivors” yang nantinya akan menjadi gameplay Identity V.

Gameplay – You’re Almost Nothing Without Your Team?

Identity V Hell Ember Capturing Thief
Identity V Hell Ember. Developer” NetEase.

Hal paling mendasar dari game ini adalah pertarungan antara golongan Hunter dan para Survivors di suatu lokasi. Lokasi atau peta (map) tempat bermain otomatis akan dipilih secara acak, jadi kamu nggak akan pernah bisa menentukan akan bermain di map yang mana. Baik golongan Hunter maupun Survivors memiliki goalsnya masing-masing. Seperti misalnya Hunter, untuk memenangkan pertandingan kamu harus menangkap keempat Suvirvors menggunakan skill yang sudah disediakan, begitupula dengan keempat Survivors, harus saling bekerja sama melakukan decoding terhadap beberapa cipher dan membuka gerbang utama agar bisa meloloskan diri dari incaran sang Hunter. Melakukan decoding beberapa cipher disini adalah kamu harus mencari beberapa mesin tik untuk memecahkan kode agar gerbang utama bisa terbuka.

Pada saat melakukan decoding cipher, kamu harus benar-benar berkonsentrasi penuh dengan melihat keadaan sekitar karena Hunter bisa datang kapan saja. Selain itu akan ada saatnya proses kalibrasi terpicu, dalam keadaan ini kamu wajib memencet pointer di area scope yang telah ditentukan agar proses tidak terhenti. Kalau salah pencet maka proses men-decode cipher akan terhenti dan kamu diwajibkan untuk memencet ulang mesin tiknya.

Identity V Thief Decode Cipher
Identity V Thief. Developer: NetEase.

Uniknya setiap karakter Survivors punya kelebihan dan kekurangan berbeda satu dengan yang lainnya, hal ini karena traits dan kemampuan bawaan setiap karakter. Seperti misalnya Emily Dyer si ‘Doctor’ bisa menyembuhkan diri sendiri dan anggota tim saat terluka dalam jumlah yang tak terbatas, tapi lemah secara fisik, sehingga mengurangi kecepatan 30% saat melompati dinding. Ada juga Freddy Riley si ‘Lawyer’ yang selalu membawa map (peta) sehingga bisa melihat lokasi bangunan besar, mesin tik yang belum didecode, lokasi teman bahkan lokasi Hunter! Tapi sayangnya dia lemah saat melompati dinding dan kayu. Mungkin karena faktor inilah yang membuat IDV (Identity V) masuk kategori Asymmentrical Multiplayer Video Games. Kalimat yang cocok untuk ini sepertinya: You’are almost nothing without your team.

Ngomong-ngomong soal map dan karakter, dibawah ini ada tips menarik yang kamu harus tau:
Karakter Survivors Identity V

Kualitas Grafis Maupun Suara Bikin Deg-Degan, Seram, Lucu dan Greget Campur Jadi Satu Dalam Identity V

Identity V Hunter, Clown.
Identity V Hunter, Clown. Developer: NetEase.

Untuk alasan tertentu, entah kenapa tema dari Identity V mirip tapi tidak seseram film Caroline. Masuk kelas mobile games, kualitas grafis Identity V patut diacungi jempol, detail mendekati sempurna, serta user interface yang nggak padat dan ribet. Perpaduan  suara detak jantung ketika karakter lain termasuk Hunter mendekat, mode getar, belum lagi ambiencenya yang terasa real memang bikin deg-degan. Jadi nggak heran game ini memakan media penyimpanan sekitar 900MB++. Sebagai tambahan informasi, untuk menjalankan game ini perlu Android versi 4.1 keatas dan iOS 6.10 keatas.

1 COMMENT

Punya komentar/saran?

Please enter your comment!
Please enter your name here