Penghasilan PUBG Mobile Capai 100 Juta Dollar, Masih Kalah dengan Fornite!

Penghasilan PUBG Mobile

PUBG Mobile baru saja mencapai milestone baru dari segi penghasilan. Berdasarkan data yang dirilis oleh Sensor Tower, penghasilan PUBG Mobile telah mencapai 100 juta dollar! Jumlah fantastis ini berhasil dicapai dalam kurun waktu 200 hari. Angka ini berasal dari monetisasi dalam game seperti penjualan kostum, skin senjata dan sebagainya.

Penghasilan PUBG Mobile Kalah dari Fornite

Walaupun 100 juta dollar adalah pencapaian yang sangat besar, namun jumlah ini masih kalah kalau dibandingkan dengan penghasilan Fortnite dan Knivesout.

Sensor Tower analisis,¬†Adam Spannbauer, bilang kalau “penghasilan Fornite hampir dua kali lipat lebih besar dibanding PUBG Mobile, yakni 300 juta dollar dalam kurun waktu 200 hari”. Menurut Adam Spannbauer, angka tersebut hanya dari App Store saja, beda halnya PUBG Mobile yang berasal dari App Store dan Google Play Store.

Penghasilan PUBG Terhambat Regulasi China

Dari data ini apakah bisa dikatakan kalau Fortnite lebih populer dibanding PUBG Mobile? Kalau dari tingkat popularitas, sepertinya game Battle Royale yang dipublish oleh Tencent ini masih lebih tinggi dibanding Fornite.

Dilansir dari Venturebeat, alasan penghasilan PUBG Mobile kalah dibanding Fornite karena regulasi negara China. Tencent merilis game ini tepat sesaat setelah China menutup semua lisensi game baru di negara tersebut.

Dengan kata lain, setiap publisher maupun game developer dipersilahkan merilis game mereka, tapi tidak bisa melakukan monetisasi.

Penyumbang Fanbase Terbesar Tapi Nol Penghasilan

Hal ini cukup menyakitkan mengingat PUBG Mobile memiliki fanbase yang cukup besar di China. Data dari Sensor Tower memperlihatkan kalau estimasi jumlah penguna PUBG Mobile di China mencapai 33% dari total keseluruhan 225 juta pengunduh (App Store dan Google Play Store).

Kontributor pengunduh terbesar kedua berasal dari Amerika Serikat sebesar 11% dan disusul oleh India yang berkisar 8%.

Kalau segi penghasilan dari pengguna di Amerika Serikat, Tencent mendapat sepertiganya, yakni sekitar 24,3 juta dollar. Angka ini tentu sangat jauh kalau dibandingkan dengan jumlah pengguna dari China.

Sampai sekarang ini, regulasi negara China masih belum memberikan lisensi bagi para developer maupun publisher game untuk melakukan monetisasi pada aplikasi mereka.

Ikuti terus KLIKSM untuk mendapatkan berita game dan game rilis terupdate setiap harinya.

Punya komentar/saran?

Please enter your comment!
Please enter your name here