Ragnarok M Eternal Love Masuk Tahap CBT, Bagaimana Nasib Ragnarok Online?

Ragnarok M Eternal Love Telah Masuk Tahap CBT

Per tanggal 20 Oktober 2018, Ragnarok M Eternal Love resmi memasuki tahap closed beta. Pihak Gravity, selaku pemilik merk dagang, memberikan pengumuman sekaligus membagikan link download aplikasi geme ini melalui halamam facebook resmi mereka.

Sayangnya, tahap CBT kali ini hanya terbatas untuk 50 ribu pemain saja.

Walaupun beberapa jam kemudian diberikan kuota tambahan, namun sepertinya belum cukup untuk menampung jumlah parisipan yang mencapai lebih dari satu juta pra-registrasi.

Sejak pengumuman tahap closed beta yang dilakukan pihak Gravity, game ini semakin memiliki tempat di hati para penggemar.

Dengan membludaknya pecinta ROM, lantas bagaimana nasib Ragnarok Online versi PC?

Apakah ROM Akan Mengakhiri Masa Jaya Ragnarok Online?


Sebelum menjawab pertanyaan ini ada baiknya kita menilik perbedaan dari kedua game tersebut.

Walaupun mengusung tema yang sama, tapi ada perbedaan yang cukup signifikan. Seperi misalnya dalam hal leveling.

Pada Ragnarok Online, leveling maupun farming dapat kamu lakukan dalam 7×24 jam. Sementara ROM membatasi hal ini karena adanya fitur energi/stamina. Fitur ini membatasi pemain untuk melakukan hunting selama 300 menit per hari.

Durasi tersebut dapat dilewati asal pemain mau menyisihkan dana untuk membeli energi tambahan.




Selain itu, seperti yang telah kita ketahui, berpetualang dalam dunia Midgard tidak melulu hanya menaikkan level, salah satu keunggulan utama game Ragnarok adalah interaksi antar pemain.

Pemain Ragnarok Online dapat dengan mudah berinteraksi dengan pemain lain melalui hardware keyboard.

Sementara pada ROM, memang tersedia keyboard virtual, namun rasanya ngetik dalam posisi “landscape” cukup sulit dilakukan.

Fans Ragnarok Online Lebih “Die Hard”?

Gameplay Ragnarok Mobile Eternal LoveKalau kita melihat lebih dalam, game Ragnarok bisa dikatakan sebagai game komunitas.

Selain itu, Ragnarok Online juga udah cukup membuktikan eksistensinya selama belasan tahun.

Namun, beberapa tahun belakangan mulai menjamur istilah “toxic” pada RO versi PC. Hal ini membuat banyak pemain dari game ini memiliki kegelisahan antara mau pesiun atau tetap bermain.

Dengan hadirnya versi mobile, apakah pemain Ragnarok Online akan migrasi ke Ragnarok Online Eternal Love? Mengingat game mobile juga dapat dimainkan di komputer menggunakan beberapa layanan emulator.

Lantas untuk menjawab pertanyaan Ragnarok M Eternal Love Masuk Tahap CBT, bagaimana nasib Ragnarok Online? biarlah waktu yang menjawab. Biarlah fitur dalam game yang membuktikan versi mana yang lebih layak untuk dimainkan.

Baca juga:

Sementara itu mari kita jajal tahap closed beta kali ini dan kita tunggu waktu rilis open betanya pada tanggal 31 Oktober nanti.

Kalau kamu bagaimana? apakah berminat bermigrasi ke versi mobile? atau hanya sekedar mencoba? Silahkan share pada kolom komentar di bawah.

Jangan lupa ikuti terus KLIKSM dan sosial media kami untuk mendapatkan update berita terbaru, tips dan trik seputar game Ragnarok Mobile Eternal Love.

Punya komentar/saran?

Please enter your comment!
Please enter your name here