Review Rentomania – Monopoli Masa Kini

Monopoli, board game terkenal di zaman 90an yang pasti lupa waktu ketika dimainkan. Monopoli akan mengajakmu memasuki dunia bisnis properti, dimana kamu harus menguasai seluruh lahan tanah dengan membangun rumah ataupun hotel dan memberikan biaya sewa ke lawanmu yang singgah agar dia bangkrut.

Sayangnya sekarang ini cukup sulit untuk mencari permainan yang satu ini. Penjual monopoli di abang-abang depan sekolah sudah mulai punah, kamu perlu mengunjungi toko board game untuk mendapatkannya. Tapi tenang! di era digital ini, sudah banyak aplikasi permainan monopoli yang beredar di Play Store ataupun App Store dan bisa kamu download secara gratis! Yuk kita simak berikut:

Review Rentomania

Mode Permainan Rentomania

Sistem permainan ini sebetulnya sangat mirip sekali dengan permainan monopoli yang kita kenal, sehingga kamu tidak memerlukan tutorial diawal permainan.

Sebelum mulai, kamu bisa memilih untuk bermain singleplayer ataupun multiplayer. Untuk mode permainan Singleplayer, kamu bisa bermain melawan bot alias komputer dengan pilihan satu sampai empat pilihan bot. Selain itu kamu juga bisa memilih untuk memulai permainan dengan modal uang awal sebesar 1.000R, 2.000R atau 3.000R (R=mata uang Rentomania).

Screenshot_20180116-031310.png
Mode singleplayer/sonnymarojahan

Kalau bermain dalam mode multiplayer, kamu membutuhkan satu buah key untuk satu kali bermain. Jangan takut kehabisan key, karena kamu bisa membelinya seharga $1.99 untuk 10 keys, $2.99 untuk 20 keys, $4.99 untuk 50 keys atau kamu bisa mendapatkannya secara gratis! dengan menonton video iklan berdurasi 15-30 detik untuk 1 key. Selain itu kamu juga bisa mengudang temanmu untuk mendownload Rentomania dan dapatkan 5 keys untuk satu teman yang mendownload.

Setelah masuk ke mode multiplayer, kamu bisa memilih ruangan, membuat ruangan sendiri atau  kalau tidak mau repot tinggal mencari lawan dengan menekan find game. Ingat! sebelum bermain dalam mode multiplayer, pastikan koneksi internet kamu lancar atau kamu akan merasakan laggy.

Gameplay Rentomania

Tampilan animasi 3D yang fresh akan mengantarkanmu memasuki dunia board game ini.

Diawal permainan, seperi biasakan kamu harus melemparkan dua buah dadu 3D dan melangkah sesuai dengan angka yang keluar dari dadu tersebut. Kalau dadu yang kamu lempar menunjukkan angka kembar, maka kamu bisa berjalan dua kali. Jangan lupa, kalau dadu kembar sampai tiga kali, kamu bisa masuk penjara dan harus mendapatkan angka dadu kembar atau bayar 50R agar langsung keluar penjara. Setiap satu kali putaran kamu akan mendapatkan gaji 200R untuk sekali lewat atau 300R kalau singgah di kotak start.

Screenshot_20180116-115747.png
Kocok dadunya/sonnymarojahan

Setelah kamu singgah di salah satu properti kosong, kamu dapat membeli properi tersebut, atau melelangnya. Dalam pelelangan, kamu bisa berlomba menaikkan harga tertinggi dengan lawanmu untuk mendapatkan properti tersebut, mending langsung dibeli daripada dilelang bukan?

Screenshot_20180116-120226.png
Properti di Rentomania/sonnymarojahan

Sama seperti sistem pada monopoli, kamu perlu mengoleksi satu komplek untuk bisa membangun rumah ataupun hotel. Di Rentomania, sistem rumah dan hotel diubah menjadi sistem bintang hijau satu sampai empat untuk rumah dan lima bintang hijau atau satu bintang merah untuk hotel. Bintang ini hanya bisa ditingkatkan saat giliranmu bermain. Kalau kamu singgah di properti milik lawan, kamu harus membayar biaya sewa sesuai dengan harga yang sudah ditentukan oleh Rentomania, semakin tinggi bintangnya, semakin tinggi harga sewanya.

Tenang, di Rentomania, kalau kamu kehabisan uang tapi masih memiliki properti, kamu bisa mortgage atau menggadai propertimu ke bank. Properti tersebut bisa kamu tebus dikemudian waktu.

Selain menggadai ke bank, kamu juga bisa melakukan proses jual beli properti ke lawanmu dengan menekan nama lawan. Dalam membeli properti ke lawan kamu bisa menawarkan sejumlah uang ataupun menukar properti milikmu dengan tambahan uang tentunya. Misalnya,  kamu hanya kurang properti skatepark seharga 180R untuk melengkapi satu komplek taman hiburan, tapi skatepark ini telah dimiliki oleh lawan, maka tawarkanlah uang ke dia. Disini yang seru, biasanya tawaranmu akan berbanding lurus dengan keadaan perekonomian lawan, misalnya saat lawan mendekat kebangkrutan, biasanya dia akan melepaskan skatepark senilai 160R tersebut dengan harga 250-450R, lain halnya kalau perekonomian dia lagi bagus, perlu merogoh uang lebih, bahkan perlu menambah properti lain milikmu. Terkadang lawanmu juga bisa tiba-tiba menawarkan sejumlah uang untuk membeli propertimu. Hmmm, semakin menarik?

Screenshot_20180116-125739.png
Jual beli properti Rentomania/sonnymarojahan

Sama halnya seperti monopoli, Rentomania juga menyediakan fitur kartu kesempatan (Chance) dan kartu nasib (Destiny). Isinya sangat beragam, mulai dari bayar pajak dari setiap properti milikmu, maju sampai start, mundur tiga langkah, kartu bebas penjara, maju ke properti tertentu, ulang tahun, menang lotre, bayar denda, dll.

Shop

Tentunya untuk kamu yang ingin mengeluarkan rupiah di Rentomania, kamu bisa melakukan In-Game Purchases atau pembelian dalam game. Fitur berbayar yang ditawarkan tidak terlalu beragam, hanya fitur bebas iklan seharga $1.99/bulan , keys, token (karakter), dan dadu. Harganya pun masih affordable, hanya sekitar $1.00-$2.00.

Kesimpulan

Screenshot_20180116-135946.png
Rentomania/sonnymarojahan

Untuk kamu yang ingin bernostalgia dengan permainan khas 90an ini, Rentomania adalah game yang wajib download! Animasi 3D yang sangat menarik perhatian dilengkapi background musik yang tidak membosankan, bakal bikin betah main berlama-lama. Selain itu kalau ditengah permainan ada hal penting yang harus dikerjakan, Rentomania dengan otomatis akan menyimpan permainan terakhir, dan bisa dimainkan lain waktu. Iklan yang tiba-tiba tayang cukup sering tapi tidak mengganggu. Kalau tidak betah sama iklannya cukup bayar aja kan?

Fitur barter propertinya yang bikin gregetan, deg-degan saat menginjak properti lawan dan doa-doa yang kamu panjatkan agar si dadu mengeluarkan angka harapanmu akan melengkapi serunya bermain Rentomania.

Perhatian!

Dapat membuat semakin religius, semakin jahat dan tidak cocok untuk player yang tidak sabaran.

Punya komentar/saran?

Please enter your comment!
Please enter your name here