Seal: New World vs Seal Online – ‘Ekspektasi Main Seal Online di Android?’

Seal Online. Waw, dengan judulnya aja pasti kalian bakal inget sama Marshanda yang jadi brand ambassador lengkap dengan kostum birunya. Kalau kamu memang anak 90an, kamu pasti akan langsung tau dengan Seal, karena memang dulu permainan Seal pasti ter-install disetiap warnet. Nah, sekarang ini udah hadir game dengan membawa nama Seal untuk platform Android berjudul Seal: New World. Penasaran? atau punya ekspektasi kamu bakal menemukan experience yang sama saat bermain Seal Online? Langsung sikat aja nih, review Seal: New World!

Diawal permainan Seal: New World, kamu bakal dapat perasaan yang nggak enak, karena akan ada pengalaman yang sangat berbeda dengan ekspektasi saat bermain di Seal Online. Waktu pemilihan karakter, voice overnya sangat garang dan rasanya nggak cocok dengan grafis karakternya yang imut, jadi semacam merusak suasana.

Gambar job Karakter Seal: New World
Job Karakter Seal: New World

Kamu bakal ditawarkan untuk memilih satu dari tiga karakter, yaitu: Swordsman, Mage dan Clown. Seperti biasa setelah milih karakter dan masukin nama, kamu akan masuk ke fase tutorial. Nah, diawal pertarungan tutorial ini, kamu bakal langsung berasa kalau Seal: New World ini bukanlah Seal Online yang kamu rindukan, mulai dari animasinya, karakternya, skill combatnya, ataupun suasanya. Untuk efek skillnya sangat heboh dan bikin pusing mata, berbeda dengan Seal Online dulu, yang dimana karakternya lucu, efek skillnya nggak heboh dan rusuh. Tapi kalau kamu nggak masalah dengan efek skill yang heboh ini, yaa it’s okay sih.

Untuk menyelesaikan quest di Seal: New World sangat mudah dan praktis, karena ada fitur auto-quest yang kalau kamu pencet, maka secara otomatis karaktermu akan berjalan untuk menyelesaikan questnya. Fitur ini bakal memudahkan kamu menyelesaikan quest tanpa bingung harus pergi kemana, tapi disini lain, karena cuma pencet-pencet aja, auto-quest ini bikin kamu berasa seperti you are just doing the same thing over and over again

Seal: New World vs Seal Online - 'Ekspektasi Main Seal Online di Android?'
Auto-Battle Seal: New World

Selain auto-quest, ada juga fitur auto-battle, yang tentu aja fitur ini sama sekali nggak ada di Seal Online. Sebetulnya fitur auto-battle ini enak banget, karena bisa kamu gunakan untuk farming dan menyelesaikan quest dengan cepat tanpa ribet harus gerakin karakter, tapi disisi lain, penggabungan auto-quest dan auto-battle ini berasa kayak bukan main game, tapi nonton game!

Kalau nggak mau menggunakan auto-battle, sistem battlenya pun standard aja, ada analog joystick, terus tombol menyerang, skill dan hotkeys untuk item, yaaah kalau part ini masih ditolerir lah ya, toh Seal Online juga begitu kan? Bedanya pencet layar sama main menggunakan mouse saja.

Seal: New World vs Seal Online - 'Ekspektasi Main Seal Online di Android?'
Karakter Seal Online [John Andrew]
Nah! semua gamers 90an juga tau kalau Seal Online itu adalah game open-world, beda banget dengan Seal: New World yang kebanyakan mapnya udah disetting dalam bentuk ‘stage’, semacam ngga bisa jalan-jalan sambil iseng chatting sama player yang kamu temuin dijalan, jadi masuk ke gate –> loading –> masuk stage –> basmi semua monster –> menang, dan untuk naik level, fase ini perlu kamu ulang terus menerus sampai bulan mau mengitari planet mars.

Untuk urusan marketing In-Game-Purchases, kedua game ini bisa dibilang sama saja, karena di Seal Online ada mata uang ‘Cegel’ dan ‘cash’ untuk membeli In-Game-Purchases, sama halnya di Seal: New World, ada mata uang ‘gold’ dan ‘diamond’ untuk membeli In-Game-Purchasesnya. Kalau urusan server, bisa dibilang Seal: New World ini menerapkan sistem unlimited server, yang artinya semakin banyak pemain, maka akan selalu ada server baru yang dibuka. Nah yang jadi pertanyaan adalah, kalau server baru dibuka, maka yang baru mulai bermain akan membuat karakter diserver baru, lalu apa kabar player diserver lama?

Seal: New World vs Seal Online - 'Ekspektasi Main Seal Online di Android?'
Weapon Upgrade Seal: New World

Tapi ternyata, diluar perbedaan yang sangat jauh dari Seal Online, Seal: New World ini punya sesuatu yang menarik, yaitu fitur di dalam game yang banyak banget buat dipelajarin seperti skill build, status karakter, pet, equipment, dan masih banyak lagi yang bisa kamu otak-atik dan cari guidenya, jadi ngga bakal cepat bosan.

Kalau boleh jujur, sebenarnya Seal: New World game yang bagus dan sangat menarik, tapi  itu semua seandainya saja game ini nggak membawa nama Seal. Kenapa demikian? sederhana saja, karena nama ‘Seal’ inilah yang membuat player punya ekspektasi akan bernostalgia, tapi sayangnya, kita sama sekali nggak mendapatkan nostalgia yang diharapkan.

Kekurangan:

  • Ekspektasi yang sama sekali nggak terpuaskan seperti bermain Seal Online.
  • Sistem auto-quest bikin serasa bukan main game, tapi nonton game.
  • Leveling maupun farming menggunakan sistem ‘stage’.
  • Unlimited server.

Kelebihan:

  • Banyak yang bisa dikustomisasi seperti skill build, status, pet, dll.
  • Grafis yang cukup bagus.

Gimana tanggapan kamu tentang game ini? Berminat untuk nyoba kah?

Punya komentar/saran?

Please enter your comment!
Please enter your name here